Pelaksanaan Pengolahan Limbah Plastik Rumah Tangga

Plastik merupakaan bahan yang sangat sering digunakan didalam kehidupan manusia,bahkan bisa jadi lebih dari 50% dari peralatan dirumah berbahan plastik. Penggunaan plastic sehari-hari oleh manusia tentu saja akan menjadikan plastik yang sudah tidak terpakai menjadi sampah pada akhirnya,banyaknya sampah plastic yang dibuang oleh manusia menimbulkan masalah yang besar didalam kehidupan sehari-hari. Banyak dari manusia yang setelah menggunakan plastic langsung membuangnya bahkan membakarnya,padahal dengan cara membakar limbah plastik akan menimbulkan adanya polusi udara oleh sampah tersebut. Sulitnya penguraian limbah plastik  didalam tanah yang memerlukana waktu kurang lebih 80 tahun menyebabkan banyaak masalah yang ada,misalnya akan terus menumpuknya limbah plastic yang ada di tempat pembuangan sampah dan aakan terus menggunung jika tidak ada solusi yang digunakan untuk mengurangi limbah plastic yang ada.

Kurangnya kesadaraan manusia untuk mengurangi penggunaan plaastik didalam kehidupan sehari-hari aakan terus membuat limbah plastic menggunung. Belum banyak masyarakat yang mengerti atapun mengetahui cara memanfaatkan limbah plstik yang sudah tidak terpakai. Padahal banyaak sekali cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan limbah plastic untuk keperluan sehari-hari,misalnya limbah plastik bekas botol minuman dpat digunakan untuk pot hias ataupun dibuat kerajinan seperti celengan anak-anak (tabungan). Bekas botol plastic dan sedotan dapat digunakan untuk mebuat hiasan dikamar untuk memperindah kamar,seperti kakak saya yang membuat kerajinan berbahan dasar botol plastic dan sedotan untuk membuat pernak pernik dikamarnya . Belum lagi plastic-plastik yang tiak dipaakai bisa dijahit untuk membuat baju dari bahan plaastik yang bisa digunakan untuk acara-aaara tertentu misalnya : lomba 17an,atau lomba lomba busana unik. Banyakanya cara untuk mengelola limbah plastic akan membuat plastic yang tidak dipakai bisa berguna untuk kebutuhan sehari-hari,namun kurangnya sosialisasi yang ada di masyarakat membuat masyarakat kurang pengetahuan bahkan enggan untuk mengolah plastic menjadi bahan yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Pengelolaan limbah plastic pada saat ini harus terus dilakukan untuk mengurangi limbah pastik yang ada. Sebaikany juga diberikan adanya penyuluhan untuk ibu-ibu rumah tangga agar mereka tau cara untuk memanfaatkan limbah plastic yang sudah tidak dipakai. Tidak hanya untuk ibu-ibu sebaikannya semua orang perlu meningkatkan kesadarannya untuk memngelola limbah plastic untuk dijadikan barang yang berguna juga nantinya.  Solusi terbaiknya dalam kasus ini yaitu mengurangi penggunaaan plastic dalam kehidupan sehari-hari akan berdampak besar dalam penumpukan limbaah plastik. ( By: Dewi Indah)

(Image Source: tipseputarumah.blogspot.co.id )

Tinggalkan komentar