[#Throwback] BAKSOS MILAD UMY BERSAMA FISMO #2

D-Day

Keesokan harinya kami bangun pagi untuk langsung mempersiapkan diri dan sarapan, mengisi tenaga untuk selanjutnya bergegas ketempat acara baksos dan melaksanakan acara. Acara baksos dibuka dengan sambutan dan pentas drum band dari siswa-siswi SD Muahammadiyah … setelahnya acara baksos untuk warga yang berupa cek kesehatan dan pembagian sembako diarakan oleh panita milad dari UMY, sedangkan Fismo menyiapkan anak-anak untuk mengikuti lomba, pemeriksaan gigi, dan sosialisasi menggosok gigi yang benar. Karena jumlah kami yang tidak banyak, pembagian koordinasi dilakukan dengan membagi tim menjadi dua orang penanggung jawab pada setiap grup kelas yang sebelumnya juga sudah dibagi untuk mendampingi anak-anak disetiap lomba yang akan diikuti, tim dokumentasi, dan tim yang membantu dalam pembagian baksos.

Perlombaan yang akan diberikan kepada anak-anak setiap tingkat juga berbeda-beda, untuk anak TK lomba yang akan dilakukan adalah lomba estafel karet dengan menggunakan sedotan sebagai alat estafet dan memasukkan paku dalam botol. Perlombaan untuk anak kelas 1-3 yaitu makan kerupuk, pecah air, dan memasukkan air dalam botol berlubang menggunakan spons. Sedangkan untuk anak kelas 4-6 lomba meniup balon hingga pecah, memasukkan air dalam botol menggunakan piring nampan, dan memindahkan gabus berlumur tepung.

Berikut adalah gambaran dari kegiatan yang kami lakukan :

Persiapan perlombaan, pembagian regu berdasarkan tingkat kelas, dan pendataan untuk pemeriksaan gigi.

Penyuluhan dan sosialisasi menggosok gigi dengan benar oleh Tim Dentist Emergency (DenMer)

Pemeriksaan gigi oleh Tim dari Coast Kedokteran gigi UMY. Ada cerita seru nih dari pemeriksaan gigi yang harus diikuti oleh semua anak. Kenapa? Karena anak kelas 4-6 susah sekali diajak kerjasama untuk tertib dan mau mengikuti pemeriksaan gigi, mereka main kejar-kejaran berniat untuk sembunyi dan melarikan diri dari kakak pendamping kelas yang mengkoordinir mereka untuk segera memeriksakan giginya. Kejar-kejaran yang terjadi cukup bikin kewalahan karena mereka lari sampai keluar arena acara baksos. Sampai akhirnya Ibu guru ikut turun tangan dan melakukan koordinasi dengan kakak pendamping kelas untuk menjaring mereka bersama ditempat persembunyian mereka. Akhirnya dengan sangat terpaksa dan takut-takut mereka mau untuk mengikuti pemeriksaan gigi, tidak sampai disitu, saat diperiksa pun mereka susah sekali untuk membuka mulut mereka untuk dilihat oleh Coast yang bertugas untk dapat melihat kondisi gigi mereka. Lucu sekaligus menggemaskan bukan?

Masuk kearena perlombaan nih.

Anak-anak antusias sekali mengikuti perlombaan-perlombaan yang diadakan. Melihat bagaimana mereka tertawa dan sangat antusia membuat kami penyelenggara perlombaan juga ikut senang. Setelah acara-acara tersebut dilaksakan, tiba saatnya pembagian hadiah dan juga kenang kenangan untuk anak-anak. Lihatlah bagaimana ekspresi bahagia mereka

Daaaaan acarapun selesai. Senang sekali kami bisa diberi kesempatan untuk dapat melaksanakan kegiatan baksos tersebut oleh pihak kampus, senang sekali kami bisa melihat bagaimana anak-anak itu senang mengikuti perlombaan yang kami adakan, senang sekali bagaimana melihat semangat mereka untuk menampilkan drum band walaupun mereka ada didesa kecil yang jauh dari kota. Senang sekali Fismo bisa berguna dan bermanfaat dalam kegiatan baksos dalam rangka milad UMY. Sampai bertemu lain waktu adik-adik, semangat terus belajarnya dan mengejar apa yang kalian impikan ya. Salam, Fismo. #fismoclub #wecareweshare

 

Tinggalkan komentar